Rabu, 12 Februari 2020

50 Pemandu Wisata di Semarang Dilatih Berbahasa Mandarin

Diary News - Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang menggelar bimbingan teknis pelatihan bahasa Mandarin untuk pemandu wisata. 

Pelatihan yang diikuti kurang lebih 50 peserta dari kelompok sadar wisata dan pemandu wisata ini dilaksanakan, pada Selasa-Rabu (11-12/2/2020) di Unisbank Semarang.  

Selain itu, dilakukan penandatanganan MOU antara Disbupar dan Unisbank. Dalam hal ini secara khusus adalah Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya (FBIB) merupakan wujud kerjasama berkelanjutan tersebut.  

Penandatangan MOU tersebut dihadiri dan disaksikan langsung oleh rektor Unisbank, Dr Safik Faozi SH MHum, Kepala Disbudpar Kota Semarang Indriyasari SE, Wakil Rektor IV Unisbank Dr Elen Puspitasari MSi, Dekan FBIB UNISBANK,  Endang Yuliani Rahayu SS MPd dan Dekan Fakultas Pariwisata Dr Mohammad Fauzan SH MS. 

Rektor Unisbank, Dr Safik Faozi SH MHum menyampaikan, industri pariwisata di Indonesia merupakan salah satu Industri yang berkembang pesat dan menyentuh langsung berbagai lapisan masyarakat. Untuk itu pihaknya siap mendukung pengembangan kepariwisataan di Indonesia, khususnya di Kota Semarang
“Mendukung program-program Disbudpar melalui pelatihan semacam ini merupakan bentuk nyata dukungan tersebut,” katanya. 

Indriyasari menekankan pentingnya industri pariwisata dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Ia menyampaikan bahwa Kota Semarang saat ini mendapat predikat kota pariwisata terbersih di tingkat Asean.  

“Kerjasama yang terjalin antara Unisbank dan Disbudpar ini diniatkan sebagai kegiatan yang berkelanjutan dalam rangka mendukung kepariwisataan khususnya di Semarang,” katanya. 

Dalam rangkaian acara ini para pembicara tidak hanya memberi pelatihan bahasa Mandarin tetapi juga memperkenalkan budaya China.  

Shierly, salah satu dari lima pembicara mengatakan bahwa belajar bahasa tidak bisa dilepaskan dari pengenalan budaya. Materi pelatihan meliputi pengenalan bahasa Mandarin dan manfaatnya, pengenalan budaya Tiongkok, tata bahasa Mandarin, menulis Hanzi, percakapan dasar dan percakapan tingkat lanjut.



Sumber : Ayosemarang.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar