Selasa, 31 Maret 2020

Tingkatkan Kekebalan Tubuh, ini 5 Manfaat yang Didapat dengan Berjemur di Pagi Hari

Diary News - Semenjak pandemi Virus Corona terus menyebar ke penjuru dunia, masyarakat mulai membuat kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Berbagai cara dilakukan demi mencegah penyebaran COVID-19.
Cara-cara tersebut bisa dilakukan saat masa jaga jarak seperti sekarang. Salah satunya yang bisa dilakukan ialah Berjemur di pagi hari. Tentunya banyak manfaat yang didapatkan dengan rajin terpapar matahari, yakni tubuh memperoleh asupan Vitamin D.
Nah, berikut AKURAT.CO himpun dari berbagai sumber manfaat Berjemur di pagi hari.
1. Menjaga kesehatan tulang
Aktivitas Berjemur dapat dipraktikkan dengan tepat agar mendapatkan asupan Vitamin D. Pasalnya, tubuh membutuhkan Vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan pencegahan penyakit.
2. Menurunkan tekanan darah
Vitamin D dapat mencegah penyakit kanker dan penurunan kognitif pada orang tua. Selain itu, Berjemur di pagi hari dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan yang disebut nitric oxide dapat dilepaskan ke dalam pembuluh darah segera setelah sinar matahari menyentuh kulit.
3. Sembuhkan beberapa penyakit kulit
Berjemur sinar matahari juga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan beberapa gangguan kulit. Paparan sinar matahari saat Berjemur dalam menyembuhkan penyakit kuning, psoriasis, eksim, hingga infeksi jamur.
4. Kekebalan tubuh meningkat
Sinar matahari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat terpapar sinar matahari, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang berfungsi sebagai pelindung tubuh. Sel darah putih dapat melawan berbagai penyebab penyakit dan virus.
5. Meningkatkan kualitas tidur
Manfaat lain dari Berjemur di pagi hari ialah membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat merangsang produksi hormon melatonin di dalam tubuh. Hormon ini yang berperan mengatur siklus tidur.
Berjemur diri di pagi memang memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Namun, jika terlalu banyak terpapar sinar matahari juga dapat berbahaya bagi kulit. Pastikan Berjemur pada waktu yang tepat dan tidak berlebihan.
Untuk menghindari risiko efek samping disarankan Berjemur sebelum jam 10.00 pagi, agar terhindar dari bahaya sinar ultraviolet (UV). Lalu berjemurlah selama 5 sampai 15 menit, sebanyak 2-3 kali seminggu.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar