Selasa, 12 Februari 2019

Kiper Legendaris Inggris Skuat PD 1966 Tutup Usia


Diary News - Penjaga gawang legendaris asal Inggris, Gordon Banks, mengembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (12/2). Mantan pemain Stoke City dan Tim Nasional Inggris itu meninggal dunia di usia 81 tahun. Banks lahir pada 30 Desember 1937, di Sheffield, Inggris.
Banks identik dengan penyelamatan menakjubkan yang ia lakukan ketika Inggris bertemu dengan Brasil dalam pertandingan babak grup di Piala Dunia 1970 di Meksiko. Penyelamatannya terhadap sundulan Pele di saat itu dikenang sebagai penyelamatan paling gemilang abad ke-20.

Berita terkait kematian Banks disampaikan oleh keluarganya. Mereka mengatakan, bintang sepakbola yang kehilangan pengelihatan di tahun 1972 karena kecelakaan itu meninggal ketika ia tengah tertidur.




”Dengan sangat sedih kami mengumumkan bahwa Gordon meninggal dengan damai dalam semalam. Kami hancur kehilangannya, tetapi kami memiliki begitu banyak kenangan indah dan tidak mungkin lebih bangga padanya,” kata keluarga Banks, sebagaimana dipetik dari halaman The Strait Times.


Banks sejajar dengan para kiper legendaris lainnya, seperti Lev Yashin dari Rusia dan Dino Zoff dari Italia. International Federation of Football History & Statistics (IFFHS) bahkan menempatkan pemenang Piala Dunia 1966 ini sebagai kiper terbaik di dunia abad ke-20 setelah Yashin.
Kecakapan Banks di bawah mistar gawang memang tidak bisa diragukan lagi. Berkat kecakapannya itu, ia pernah mendapat penghargaan sebagai Penjaga Gawang Terbaik FIFA enam kali beruntun. Selain itu, ia masuk dalam senarai 100 pemain terbaik versi FIFA di abad ke-20 .


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar