Selasa, 20 Agustus 2019

Hati-Hati Jika Kamu Kurang Tidur, Ada Masalah yang akan Muncul

Diary News - Setiap hari seseorang membutuhkan setidaknya enam jam untuk pejamkan mata agar tubuh berfungsi dengan baik. Dan tak sedikit orang yang kualitas hidupnya menurun hanya karena kurang tidur.
Tidur yang cukup sama pentingnya dengan pemenuhan makanan bergizi dalam mempertahankan gaya hidup sehat. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. 
Mengonsumsi alkohol atau asupan kafein adalah salah satu penyebab yang paling umum untuk masalah kesulitan tidur. Serta mengonsumsi beberapa obat obatan tertentu juga dapat merangsang tubuh tetap terbangun. Gaya hidup moderen dengan bekerja samapai larut malam juga menjadi masalah umum masyarakat saat ini.
Untuk itu, kamu harus tahu dua efek kesehatan yang akan terjadi ketika jam tidurmu kurang dari enam jam dalam sehari, seperti dilansir AkuratHealth dari laman Boldsky.
Obesitas 
Ketika kamu kurang tidur efek yang paling umum itu hadirnya obesitas. Hal tersebut dikarenakan penurunan tingkat hormon leptin yang membuat otak selalu berfikir tentang makanan dan membuatnya makan dilarut malam. 
Selain itu kurang tidur juga menyebabkan peningkatan kadar insulin, sehingga dapat menghasilkan lebih banyak penyimpanan lemak. 
Lemahnya Sistem Kekebalan Tubuh
Selama tidur tubuh manusia memperkuat sistem kekebalan dengan memproduksi lebih banyak antibodiyang dapat menghindari terjangkit bakteri dan racun. Ketika kurang tidur, maka akan ada penurunan produksi sitokin pelindung dan antibodi penangkal infeksi yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu. 
Ketika kamu kurang tidur beberapa masalah pada tubuh akan muncul, sederhananya masalah pernapasan seperti pilek dan flu yang dapat berimbas masalah ke paru-paru. 

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar