Rabu, 14 Agustus 2019

Ini Efek Samping dari Lensa Kontak , Ketahui Dahulu Baru Dipakai

Diary News - Pemakian lensa kotak atau terkenal dengan softlens saat ini memang sedang digandrungi oleh milenial perempuan. Selain terlihat lebih cantik, softlens juga banyak memiliki keuntungan seperti menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk agar lebih optimal. 
Namun tak sedikit juga orang yang menggunakannya hanya untuk bergaya agar mata lebih terlihat indah. Nah, sebelum Kamu terjerumus tren, perlu diketahui bahwa softlens juga memiliki efek samping yang dapat merusak mata. 
Dilansir AkuratHealth dari laman BoldSky, berikut beberapa efek samping yang dapat memengaruhi kesehatan mata. 
Mata Kering
Sebagian besar pemakai softlens menderita masalah mata kering. Ini tentu akan mengurangi jumlah air mata yang menurunkan kadar oksigen ke kornea. 
Jika terjadi terus menerus hal ini dapat menyebabkan rasa gatal atau nyeri yang sangat menyengat. Serta iritasi pada kelopak mata atau jaringan di sekitarnya. 
Abrasi Kornea 
Ketika Kamu memasang softlens secara tidak benar dan terlalu kering bisa menyebabkan abrasi kornea. Selain itu, tidur dengan softlens juga bisa menyebabkan hal serupa. 
Lensa tersebut akan menjebak kotoran dan bakteri yang diterima oleh kornea mata. Bahayanya hal tersebut bisa menyebabkan infeksi. 
Menghalangi Aliran Oksigen ke Mata 
Kornea tidak memiliki pembuluh darah. Tanpa oksigen yang cukup metabolisme kornea ditekankan dan asam laktat akan menumpuk yang menciptakan beban osmotik. 
Ketika menarik air ke dalam kornea lebih cepat dari pada menghilangkannya, ternyata mampu menghasilkan pembengkakan kornea atau edema. 
Mata Merah
Mata merah sering sekali dialami para penggunanya. Biasanya pemakaian terlalu lama menyebabkan lensa menjadi cacat dan mata merah. Endapan yang terlalu lama juga dapat menyebabkan iritasi pada mata. Jadi disarankan jangan dipakai terlalu lama. 

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar